Tim Wasev Mabes TNI-AD Meninjau Lokasi Program TMMD ke -113 di Kecamatan Patia

49

Pandeglang – Sekbernusantara.Com – Tim Pengawasan dan Evaluasi (Wasev) Mabes TNI AD melakukan peninjauan ke lokasi Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke – 113 tahun 2022 di Desa Patia, Kecamatan Patia, Kabupaten Pandeglang, Selasa, (31/05/22).Sebelum melakukan peninjauan ke lokasi TMMD, terlebih dahulu Tim Wasev yang diketuai oleh Kolonel Inf Iskandar, S.Sos. (PABAN I/REN STERAD) menerima paparan Komandan Kodim 0601/ Pandeglang Letkol Inf. Jani Setiadi selaku Dansatgas TMMD ke-113 Kodim 0601/Pandeglang bertempat di Makodim jalan Pendidikan no 1 Pandeglang.

Dalam sambutannya Kolonel Inf Iskandar, S.Sos., menyampaikan bahwa Pengawasan dan Evaluasi TMMD ke-113 TA 2022 yang saat ini sedang berjalan bertujuan untuk mengukur kinerja organisasi satuan tugas TMMD mulai tahap perencanaan, persiapan, pelaksanaan sampai dengan pengakhiran dengan harapan agar kegiatan TMMD dapat berjalan secara optimal, efektif dan efisien meskipun dalam situasi pandemi Covid-19 yang melanda hampir seluruh wilayah Satgas TMMD.

Program TMMD dilaksanakan melalui proses perencanaan yang mengutamakan aspirasi dan kepentingan masyarakat di lokasi sasaran TMMD melalui mekanisme bottom up planning yang dilaksanakan secara komprehensif dan integral dengan melibatkan semua unsur-unsur yang terkait, dimulai dari tingkat Desa/Kelurahan sampai dengan tingkat Kab/Kota.

“Tujuan kegiatan TMMD selain untuk membantu percepatan pembangunan di daerah juga untuk membantu mengatasi kesulitan rakyat serta sebagai sarana untuk mempererat kemanunggalan TNI-Rakyat,” Ucapnya.

Beliau menambahkan “Sasaran-sasaran TMMD telah dipilih berdasarkan skala prioritas, diteliti dan dipadukan dengan program Pemerintah Daerah, kemudian dibahas dalam forum DPRD untuk disahkan menjadi Program TMMD. Setelah kegiatan selesai, hasil TMMD akan diserahkan kepada Pemerintah Daerah untuk dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat, “terangnya.

Setelah menerima paparan dari Dansatgas TMMD ke-113 Kodim 0601/Pandeglang, Tim Pengawasan dan Evaluasi (Wasev) Mabes TNI AD langsung menuju posko TMMD di gedung PGRI kecamatan Patia langsung meninjau kegiatan penyuluhan kesehatan dan kegiatan KB-Kes dilanjutkan dengan penyerahan bantuan berupa paket sembako peralatan olahraga dan penyerahan bibit tanaman pohon kayu sengon.

Dari posko TMMD 113 Kodim 0601/Pandeglang dengan menggunakan motor trail langsung meninjau lokasi sasaran Fisik TMMD berupa pengerasan jalan sepanjang 1000 meter dilanjutkan dengan peninjauan sasaran tambahan renovasi mushola sekaligus melaksanakan shalat dzuhur berjamaah.

Mengakhiri kunjungannya Kolonel Inf. Iskandar, S.Sos., selalu PABAN I/REN STERAD “Atas nama Kepala Staf TNI-AD selaku PJO TMMD kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Pemerintah Daerah serta seluruh komponen masyarakat atas kerjasama dan semangat gotong-royongnya dalam mendukung kelancaran kegiatan TMMD yang sedang berjalan, “pungkanya.

(Heri)