Serma Agus Rizal Anggota Kodim 0601/Pandeglang Tampilkan Alat Peringatan Dini Bencana Alam Banjir Pada Kegiatan Pameran Inovasi Teknologi Terapan Kodam III/Slw

57

Pandeglang – Sekbernusantara.Com – Dalam Rangka HUT ke-76 Kodam III/Siliwangi, Kodim jajaran Korem 064/ Maulana Yusuf dan Yonif 320/Badak Putih turut andil dalam gelaran Pameran Inovasi Teknologi Terapan, di sepanjang Taman Pule Kodam III/Slw, Jalan Aceh No. 69 Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (18/05/22). Teknologi terapan adalah teknologi yang fungsinya untuk menjembatani teknologi-teknologi hasil riset yang telah ada dibuat oleh para peneliti sehingga bisa diterapkan pada kehidupan sehari-hari.

Seperti yang dilakukan oleh Serma Agus Rizal anggota Kodim 0601/Pandeglang dalam pameran Inovasi Teknologi Terapan Kodam III/Siliwangi menampilkan alat peringatan dini bencana alam banjir berbasis mikrokontroler Arduino.

Serma Agus Rizal menjelaskan bahwa alat yang digunakannya yaitu mikrokontroler Arduino dan sebagai inputnya berupa sensor ultrasonik sedangkan outputnya berupa lampu indikator, alarm dan SMS gateway.

“cara kerja alat ini apabila permukaan air naik maka akan dibaca oleh alat berupa sensor ultrasonik kemudian di proses oleh mikrokontroler Arduino untuk menghasilkan output berupa nyala lampu indikator bunyi alarm dan mengirimkan pesan singkat melalui layanan SMS”, ujar Serma Agus Rizal.

Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo, S.I.P., saat membuka acara kegiatan pameran inovasi teknologi terapan, hari kemarin, Selasa (17/5/2022) menyampaikan bahwa Pameran inovasi teknologi terapan ini diselenggarakan dalam rangka sinergitas TNI bersama komponen lainnya, dalam menyempurnakan potensi kemampuan dalam organisasi Kodam III/Slw itu sendiri.

Beliau menambahkan, dari kegiatan pameran tersebut, Kodam III/Slw berbuat lebih cepat beradaptasi terhadap perkembangan lingkungan dengan pendekatan tekhnologi, yang menjadikan satu nilai solusi. Baik solusi kepada internal sendiri dalam hal ini TNI (Kodam III/Slw) maupun kepada masyarakat.

(Husaeri)