Presiden Jokowi Sambut Kunjungan Kenegaraan Presiden Steinmeier di Istana Bogor

35

Bogor – Sekbernusantara.Com – Presiden Joko Widodo menyambut kunjungan kenegaraan Presiden Republik Federal Jerman Frank-Walter Steinmeier, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Kamis, 16 Juni 2022. Kunjungan ini bertepatan dengan peringatan 70 tahun hubungan diplomatik antara Indonesia dan Jerman, yang resmi terjalin sejak tahun 1952.

Presiden Steinmeier bersama delegasi tiba di Istana Kepresidenan Bogor sekitar pukul 10.00 WIB. Kedatangan Kepala Negara Republik Federal Jerman tersebut turut diiringi oleh pasukan Nusantara, pasukan berkuda, dan korps musik Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Usai disambut oleh Presiden Jokowi, prosesi penyambutan kemudian dilanjutkan dengan upacara penyambutan kenegaraan dengan diperdengarkannya lagu kebangsaan kedua negara dan diiringi dentuman meriam sebanyak 21 kali. Setelah dentuman meriam selesai, kedua pemimpin kemudian melakukan inspeksi pasukan kehormatan.

Kedua pemimpin selanjutnya memperkenalkan delegasi dari masing-masing negara yang turut hadir mengikuti upacara. Delegasi Indonesia yang hadir yaitu Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar, serta Plt. Direktur Jenderal Amerika dan Eropa I Gede Ngurah Swajaya.

Sementara itu, delegasi Republik Federal Jerman yang hadir adalah Duta Besar Republik Federal Jerman untuk Indonesia, ASEAN, dan Timor Leste Ina Lepel, Sekretaris Negara/ Kepala Kantor Presiden Republik Federal Jerman Dörte Dinger, Menteri Negara Kantor Luar Negeri Republik Federal Jerman Anna Lührmann, Wakil Ketua Kelompok Parlemen ASEAN Peter Aumer, Kepala Departemen Kebijakan Luar Negeri Wolfgang Silbermann, Juru Bicara Presiden Republik Federal Jerman Cerstin Gammelin, Kepala Kantor Pribadi Presiden Republik Federal Jerman Alexander Dubnitzki, dan Penasihat Kebijakan Senior Kantor Presiden Republik Federal Jerman Dilan Kücükali.

Setelah saling memperkenalkan delegasi masing-masing, Presiden Jokowi kemudian mengajak Presiden Steinmeier untuk berfoto bersama dan menandatangani buku tamu kenegaraan di Ruang Teratai. Rangkaian acara kemudian dilanjutkan dengan penanaman bersama pohon Cendana atau _Santalum album_ oleh Presiden Jokowi dan Presiden Steinmeier.

Selepas penanaman pohon bersama, Presiden Jokowi dan Presiden Steinmeier menuju veranda untuk berbincang sejenak sebelum menggelar pertemuan bilateral bersama delegasi dari masing-masing negara.

Dalam pengantarnya saat pertemuan bilateral, Presiden Jokowi menyampaikan ucapan selamat datang bagi Presiden Steinmeier dan mengatakan bahwa kunjungan ini merupakan sebuah kehormatan bagi Indonesia. Dalam pertemuan bilateral tersebut, kedua pemimpin juga menbahas berbagai kerja sama ekonomi bilateral.

“Tahun ini kita memperingati 70 tahun pembukaan hubungan diplomatik Indonesia-Jerman. Ini merupakan momentum bagi Indonesia dan Jerman untuk memperkuat hubungan,” ujar Presiden Jokowi.

Usai pertemuan bilateral, kedua pemimpin kemudian melakukan pernyataan pers bersama di Ruang Teratai. Rangkaian penyambutan ini pun diakhiri dengan jamuan santap siang kenegaraan bagi Presiden Steinmeier di Ruang Garuda.

Source : Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden

(Ahmad Hidayat)