Peringati Harkitnas Ke-114, Begini Pesan Wakapolres Rohul

51

Rokan Hulu – Sekbernusantara.Com – Dalam peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-114 tahun 2022, mewakili Kapolres Rokan Hulu (Rohul) AKBP Eko Wimpiyanto Hardjito SIK, Wakapolres Kompol Erol Ronny Risambessy SIK bersama Asisten II Sekdakab Rohul Fathanalia Putra melaksanakan upacara bendera. Kegiatan dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati Rohul, bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Asisten II Sekdakab Rohul Fathanalia Putra, Jum’at (20/5/2022).

Dalam amanatnya, Sekdakab membacakan sambutan dari Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate, menyatakan, Tahun ini memperingati Harkitnas ke-114.

Pada tahun ini, “Ayo Bangkit Bersama” menjadi tema peringatan Harkitnas sebagai bentuk seruan, agar kita bisa bangkit bersama dari pandemi Covid-19 yang sudah melanda dua tahun terakhir.

Peringatan Harkitnas ini hendaknya tidak hanya kita maknai sebagai seremonial saja.

Pada tanggal 20 Mei 1948, Presiden Soekarno menetapkan hari lahirnya perkumpulan Boedi Oetomo sebagai Hari Bangkitnya Nasionalisme Indonesia.

Sehingga, semangat persatuan yang digagas Boedi Oetomo diharapkan menjadi spirit dalam menghimpun kekuatan dan mencegah perpecahan bangsa.

Didirikan Dr Sutomo beserta para mahasiswa School tot Opleiding van Indische Artsen (STOVIA) pada tahun 1908, Boedi Oetomo lahir untuk mengejar ketertinggalan bangsa Indonesia dari bangsa-bangsa lain.

Organisasi ini menyatukan pergerakan di Indonesia dari yang bersifat kedaerahan menjadi nasional dengan tujuan akhir kemerdekaan.

Mengutip ucapan Dr Sutomo “Selama banteng-banteng Indonesia masih mempunyai darah merah yang dapat membikin secarik kain putih menjadi merah dan putih, selama itu kita tidak akan mau menyerah kepada siapa pun juga”

Di tengah momentum penanganan nasional Covid-19 yang makin membaik dan Presidensi G20 Indonesia, hendaknya kita dapat memaknai semangat pantang menyerah Dr Sutomo untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional tahun ini.

Hal ini sebagai tonggak kebangkitan dari pandemi Covid-19 juga krisis multidimensi yang sedang melanda dunia. Dari Indonesia, Dunia Pulih Bersama. Ayo Bangkit Lebih Kuat.

Terpantau, hadir pada kegiatan tersebut, Perwakilan, Forkopimda Rohul, para Kepala Organisasi Pimpinan Daerah (OPD), TN Polri, Sat Pol PP, Aparatur Sipil Negara (ASN), Honorer dan lainnya.

Usai kegiatan, Wakapolres Rohul Kompol Erol Ronny Risambessy SIK, menuturkan dinamika yang berkembang di tengah-tengah Masyarakat, baik antar golongan maupun ideologi dalam mempertahankan kemerdekaan.

“Sehingga, semangat persatuan yang digagas perkumpulan Boedi Oetomo menjadi spirit dalam menghimpun kekuatan dan mencegah perpecahan bangsa,” katanya.

“Untuk itu, dengan spirit yang digagas perkumpulan Boedi Oetomo, mari bersama potensi lokal kita bangkit bersama,” tuturnya.

“Karena kita punya tanggungjawab besar dan harus terus hadir untuk bangkit bersama, seperti halnya Polri maupun Masyarakat Rohul serta elemen lainnya,” katanya.

“Dengan momentum yang baik ini, Ayo Bangkit Bersama, sesuai dengan tema pada peringatan Kebangkitan Nasional tahun 2022,” tambahnya.

“Tentu untuk berinovasi dan terus bekerja keras juga bersinergi untuk menjaga mempertahankan Bangsa dan meningkatkan perekonomian nasional Indonesia kita,” pungkas Kompol Erol Ronny.

(Humas/Samiono Kabiro Rohul)