P3TGAI Di Harapkan Mampu Dongkrak Peningkatan Ekonomi Bidang Pertanian

58

Magetan – Sekbernusantara.Com – Pelaksanaan Program Percepatan Tata Guna Air irigasi (P3TGAI) BBWS Bengawan Solo Tahun 2022 di Desa Jambangan Kecamatan Kawedanan Kabupaten Magetan Jatim ini, ke depan akan membawa manfaat yang luar biasa bagi peningkatan ekonomi masyarakat petani. Hal tersebut di sampaikan David Indra K, kepala desa Jambangan saat di temui sekbernusantara.com pada Jum’at (27/5/22) di kantornya.Masih menurutnya bahwa pembangunan saluran irigasi sepanjang 300 meter yang tengah di kerjakan itu, nantinya akan mampu memberikan kelancaran suplai air irigasi ke puluhan hektar sawah yang ada.

“Memang selama ini petani terkendala pada saluran irigasi. Dengan sistim pembagian air yang bergiliran, jika salurannya kurang bagus maka akan lebih banyak air yang meresap ke tanah, dan hal ini berakibat aliran air tidak sampai ke persawahan warga”. Kata David.

Di katakannya pula bahwa
dengan penyerapan tenaga kerja dari proyek pembangunan yang di laksanakan secara swakelola tersebut, juga memberikan kontribusi ekonomi secara langsung kepada warga.

“Ya mudah mudahan dengan di turunkannya bantuan proyek pembangunan P3TGAI di desa Jambangan ini, ke depan kebutuhan air irigasi para petani semakin bisa tercukupi”. Harap Kepala Desa Jambangan tersebut

Sebagaimana di ketahui bahwa P3TGAI merupakan kegiatan padat karya tunai yang bertujuan pada peningkatan produksi dan ekonomi pertanian melalui pembangunan saluran tersier irigasi.

Adapun pelaksanaan dari P3TGAI sendiri mengacu pada keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor: 109/KPTD/M/2022 tertanggal 17 Februari 2022, tentang Penetapan Daerah Irigasi Penerima Program Percepatan dan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi Tahun Anggaran 2022.

(Bbg)