Marines Warrior Challenge 39.91 Km Tutup Rentetan HUT Ke-4 Pasmar 3

47

Sorong Papua Barat – Sekbernusantara.Com – Animo masyarakat Sorong Papua Barat terhadap rentetan kegiatan yang digelar dalam rangka memeriahkan HUT Ke-4 Pasmar 3 begitu besar, hal ini dibuktikan dengan suksesnya serangkaian event yang berlangsung secara internal maupun open bersama masyarakat umum. Sabtu (28/05/2022).Menutup rentetan kegiatan hari jadinya Ke-4, Pasmar 3 mengadakan lari jarak jauh (Marines Warrior) yang dikemas dalam bentuk tantangan (Challenge) sejauh 37.91 Km, sehingga pesertanya harus melengkapi persyaratan yang ditentukan dan latihan secara khusus. Kegiatan ini diawali dengan start dari Kesatrian Abraham Octavianus Atururi Katapop Mako Brigif 3 Marinir dan finish di Kesatrian Agoes Soebekti Mako Pasmar 3 Km.16, Distrik Klaurung, Kota Sorong.

Adapun 40 pelari yang telah tergabung dalam Marines Warrior Challenge 37.91 Km dipimpin Asintel Danpasmar 3 Kolonel Mar Rivelson Saragih, M.Tr.Hanla ini merupakan hasil seleksi dari 273 orang pendaftar. Dari seleksi administrasi pada jarak 10 Km dan 21 Km, selanjutnya para pelari masih diikutsertakan dalam uji coba kemampuan pada jarak 7 Km, 17 Km dan 27 Km dengan capaian elevasi gain 800M, yang dilaksanakan di jalur-jalur pedalaman Kabupaten Sorong. Hasil seleksi tersebut menyisakan 40 orang saja yang terdiri dari 26 personel Pasmar 3, 5 personel Yonzipur 20/PPA dan 9 personel dari Komunitas Sorong Runners. Dibawah bimbingan Pelatih Lettu Mar Marjaniyanto, para atlit telah melaksanakan Training Center (TC) sejak bulan Maret hingga Mei 2022.

Dengan terselengaranya event Marines Warrior ini, selain untuk memeriahkan perayaan HUT nya, Pasmar 3 juga telah berhasil mengajak masyarakat Papua khususnya di wilayah Sorong untuk memelihara kebugaran, turut serta dalam mengolahragakan masyarakat, memupuk kebersamaan dengan masyarakat luas, serta menjaring bibit-bibit pelari jarak jauh di kalangan TNI-Polri dan masyarakat umum.

Marines Warrior Challange diawali dengan para pelari melaksanakan start dari Kesatrian Abraham Octavianus Atururi Katapop pada pukul 04.00 WIT dan dilepas oleh Danbrigif 3 Marinir Kolonel Marinir Bakti Dasasasi Penanggungan, S.E.,M.M didampingi para Dankolak Pasmar 3. Pada challenge ini para peserta harus melintasi 6 Check Point yang sudah ditentukan dengan elevasi gain 900M, setelah melewati 6 cek point dan memasuki Alun-alun Aimas, peserta Marines Warrior bergabung dengan pelari jarak 3,7 Km sebanyak 30 personel dengan menggunakan seragam PDL TNI, PDL TNI AL dan PDL Korps Marinir, kemudian kembali melaksanakan start dari Alun-alun Aimas yang dilepas langsung oleh Komandan Pasmar 3 Brigjen TNI (Mar) Y. Rudy Sulistyanto, S.E., didampingi para Pejabat Utama Jajaran Pasmar 3 menuju garis finish di Mako Pasmar 3.

Dalam sambutannya, Komandan Pasmar 3 menyampaikan terima kasih atas partisipasi kepada para runners karena telah berhasil menaklukkan tantangan Marines Warrior mulai dari tahap seleksi, pemusatan latihan sampai dengan menyelesaikan lari jarak 37,91Km tanpa ada hambatan apapun, walaupun dalam perjalanan mungkin sedikit ada kendala namun itu merupakan hal yang biasa dan dapat diatasi.

Hikmah dari pelaksanaan ini adalah apabila semua kegiatan direncanakan dengan baik pasti akan dapat terlaksana dengan baik, karena ketika kita membuat rencana maka kita telah merencanakan suatu keberhasilan, tetapi ketika kita tidak membuat rencana maka kita sudah merencanakan kegagalan.

“Mudah-mudahan apa yang kita kerjakan ini membawa atau memberikan lembaran sejarah baru khususnya Pasmar 3 yang baru 4 tahun berdiri di Kota Sorong, sehingga harapannya kegiatan ini dapat terus berjalan tiap tahunnya,” ucapnya.
Sorce : Dispen Pasmar 3

(Ahmad Hidayat)