Karlahut Terjadi Meliputi Area Seluas 7,7 Hektar di Kabupaten Rokan Hulu, Riau

54

Rokan Hulu – Sekbernusantara.Com -Kebakaran lahan dan hutan (Karlahut) kembali terjadi di Kabupaten Rokan Hulu, Riau.

“Total luas area lahan yang terbakar di perkirakan sekitar 7,7 hektare,” kata Babinsa Koramil 02 Rambah Kodim 0313/KPR Serda Dedy Nofery Samosir, di Desa Sungai Salak Kecamatan Rambah Samo Kabupaten Rokan Hulu, Selasa (14/6/2022).

Pekan sebelumnya, Karlahut terjadi di Desa Pauh Kecamatan Bonai Darussalam. Saat ini, Karlahut terjadi di Desa Sungai Salak Kecamatan Rambah Samo.

Menurut Serda Dedy Nofery Samosir, kobaran api bermula terpantau hotspot pada Senin (13/6). Tim gabungan TNI Polri bersama BPBD Rokan Hulu pada Selasa (13/6) mencari dan menemukan Karlahut serta melakukan pemadaman.

Ia mengatakan, lahan yang terbakar merupakan lahan perkebunan karet yang telah selesai di Imas tumbang.

“Dugaan sementara, lahan ini sengaja di bakar. Karena lahan perkebunan karet telah selesai di Imas tumbang,” sebut Serda Dedy Nofery Samosir.

Pemadaman dilakukan petugas gabungan tanpa menggunakan mesin. Sebab, sumber air di sekitar Karlahut sulit di temukan petugas.

“Tim gabungan melakukan pemadaman secara manual dengan menggunakan ranting kayu dan daun. Untuk jenis lahan mineral. Saat ini api telah padam,” paparnya.

Dapat diketahui, saat ini lahan telah dipasang bener Pemberitahuan.

“Untuk saat ini lahan telah di pasang benar pemberitahuan oleh petugas gabungan,” tutupnya.

(Samiono)