Ghozali Untung Rp12,6 Miliar dari Jual Foto Selfie di NFT

132
Ghozali Everyday

JAKARTA – Kisah Ghozali Everyday yang untung Rp12,6 miliar dari Non Fungible Token (NFT) di e-commerce OpenSea. Keuntungan ini dia dapatkan dengan ‘hanya’ menjual foto-foto selfie.

Ghozali memiliki nama lengkap Sultan Gustaf Al Ghozali yang merupakan mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Udinus Semarang.

Mengutip Twitter Eka B. Panuntun, NFT merupakan Non-Fungible Token. Ini merupakan token unik yang terkait dengan manfaat digital (kadang fisik) yang menunjukkan bukti kepemilikan.

“Jadi, NFT itu adalah aset digital yang berisi ciri-ciri unik yang dikodekan dan disimpan di blockchain dalam bentuk kontrak (smart contracts), dan memberikan manfaat buat pemiliknya. Biasa kita sebut NFT Collector,” ujarnya.

Hal inilah yang dilakukan Ghozali sehingga harga foto selfienya bikin geleng kepala. “Ghozali adalah pemuda dengan mimpi sederhana, konsisten dengan caranya & tiba-tiba semesta menjawab doanya,” ujarnya.

Adapun foto yang diunggah Ghozali dihargai USD3 atau sekitar 42 ribu rupiah. Bahkan akun NFT miliknya mencapai 1 Ether pada setiap fluktuasi puncaknya. Foto selfie Ghozali juga ada yang laku Rp14 juta hingga Rp31 juta.

Dengan total 933 koleksi, maka bisnis NFT milik Ghozali bernilai hampir Rp12,6 miliar.