Dihadiri Warga dan Pejabat, Jembatan Gantung Ciodeng Cihara Yang Dibangun Chandra Asri Diresmikan

78

Lebak – Sekbernusantara.Com – Warga masyarakat di Kecamatan Cihara, Lebak, Banten menyambut positif pembangunan jembatan gantung Ciodeng akses penghubung dua desa yaitu Desa Pondok Panjang dan Desa Kersaratu hingga bisa dilintasi kendaraan roda dua, Rabu (25/5/22).Seperti diberitakan Chibernews sebelumnya jembatan gantung Ciodeng yang berlokasi di Kampung Ciodeng, Kecamatan Cihara, Kabupaten Lebak, Banten kondisinya rusak parah memprihatinkan dan sangat membahayakan. Jembatan tersebut merupakan penghubung antara dua desa yaitu Desa Pondok Panjang dan Desa Kersaratu yang digunakan oleh masyarakat untuk menunjang aktifitas masyarakat.

“Jembatan Ciodeng hari ini diresmikan. Kami warga masyarakat merasa bahagia dan terbantu dengan merasa jembatan gantung ini yang dibangun melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) PT Chandra Asri Petrochemical Tbk. Sebelumnya memang dahulu juga saya sudah kritisi,”ujar Ahmad Rohani warga setempat Rabu (25/5/22).

Pria yang juga dikenal sebagai aktivis Lebak ini juga menuturkan dengan dibangunnya kembali jembatan ini dapat membuka dan meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat serta tidak mulai was-was lagi jika menyebrangi sungai ini.

“Meningkatkan kesejahteraan para petani juga untuk mempermudah pelayanan kesehatan, pendidikan, perekonomian masyarakat Cihara,”tutur Rohani.

Sementara Muhamad Arif Kirdiat selaku Relawan Kampung pelaksana dari Perusahaan Chandra Asri ini menuturkan bahwa kondisi jembatan Ciodeng sebelum dibangun berupa jembatan lantai kayu dan besi yang sudah rapuh.

“Kondisinya awal berlantai kayu yang sudah mulai rapuh. Tahun lalu kami pertama kali menjumpai jembatan ini dengan kondisi sangat tidak layak pakai dan menghawatirkan untuk dilalui,”ujarnya.

Arif menjelaskan pembangunan jembatan Ciodeng ini dimulai pada akhir Desember 2021 dan selesai pada awal Februari 2022.

“Jembatan ini kita bangun kira-kira memerlukan waktu sebulan setengah. Jembatan ini menghubungkan dua desa dan dua kecamatan yaitu Desa Pondok Panjang dan Desa Kersaratu Kecamatan Cihara dan Malingping,”ucapnya.

Arif juga menjelaskan bahwa jembatan gantung Ciodeng ini merupakan donasi yang diberikan oleh PT Chandra Asri yang memberikan perhatian pada pembangunan jembatan-jembatan gantung di pelosok Banten.

Selain Muhamad Arif dan Rohani hadir pula dalam acara peresmian Jembatan Ciodeng ini Kepala Desa Pondok Panjang Subandi, Muspika Cihara, TNI/Polri, PUPR, Perwakilan PT Chandra Asri dan warga masyarakat.

(Husaeri)