Cerita Petugas Padamkan Kebakaran Lahan 20 Hektar di Desa Pauh Rohul, Riau

69

Rokan Hulu – Sekbernusantara.Com – Kebakaran Lahan yang terjadi di Kilometer 28 RT 14 RW 4 Desa Pauh Kecamatan Bonai Darussalam Kabupaten Rokan Hulu, Riau, pada Selasa (6/4/2022) malam, membuat petugas gabungan TNI POLRI, BPBD Rohul, Manggala Agni di bantu perusahaan swasta setempat turun dalam melakukan memadamkan.Personil TNI Babinsa Koramil 10 Kunto Darussalam Kodim 0313/KPR Serma BK. Tumanggor mengatakan, hari kedua api telah padam. Karena di lahan gambut, hingga sampai saat ini pendinginan masih terus dilakukan petugas.

“Api telah padam tetapi asap masih ada, makanya secara terus menerus kami melakukan menyiramkan dengan menggunakan air. Untuk luas lahan sekitar 20 hektar,” kata Serma BK Tumanggor, Sabtu (9/4/2022).

Butuh tenaga serta perjuangan yang kuat agar bisa melakukan pemadaman kebakaran dilahan gambut. Bahkan, demi bisa memadamkan api tim gabungan rela tidur di hutan.

“Dua malam kami bersama tim gabungan tidur di hutan, itu kami lakukan untuk memantau perkembangan api,” ucapnya.

“Sampai hari ini terus kami pantau. Takutnya, kalau ada percikan api dan di hembus angin pindah ke tempat lain, untuk itu penyiraman air ke dalam lahan gambut secara terus menerus kami lakukan hinga asap tidak terlihat lagi. Untuk kedalaman gambut sekitar 30 Centimeter,” sebut Serma BK. Tumanggor sambil membersihkan keringat di wajahnya.

Seperti diketahui, TNI tidak hanya berperan sebagai penjaga pertahanan dan keamanan negara. Mereka juga turut melayani serta melindungi masyarakat.

Selain itu, anggota TNI juga kerap ditugaskan negara untuk membantu dalam memadamkan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Hingga sampai saat ini, para petugas masih terus melakukan pemantauan dan pendinginan di lahan gambut tersebut.

“Meski kami sedang bertugas, ibadah merupakan prioritas sebagai ungkapan syukur kepada sang pencipta,” ujarnya.

Terihat petugas pemadam dari RPK Desa Pauh, RPK PT Parna, RPK PT RAS, RPK PT Graha, Kebun 36-38, PT Andika dan PT SSP turun dalam menbantu melakukan pendinginan.

(Samiono)