Buka Rakernis Fungsi Keuangan, Kapolda Irjen Iqbal : Saya Bangga, 8 Capaian Prestasi Ditorehkan Bidang Keuangan Polda Riau

56

Pekanbaru – Sekbernusantara.Com – Kapolda Riau Irjen Moh Iqbal membuka secara resmi Rapat Kerja Teknis Bidang Keuangan sejajaran Polda Riau yang digelar Ballroom Pengeran Pekanbaru pada Kamis (19/5/2022).Turut hadir pada acara tersebut Wakapolda Riau Brigjen Tabana Bangun, Kepala Kantor Wilayah DJPB Provinsi Riau, Kepala KPPN Pekanbaru Arif Huzaini, Kepala KPP Pratama Pekanbaru dan beberapa pimpinan Bank.

Diawal Rakernis, Kapolda memberikan penghargaan kepada Datker berprestasi dalam penyelenggaraan keuangan. Dua kategori penerima penghargaan yakni Satker yang berprestasi dalam menyusun Pertanggungjawaban keuangan Tunjangan kinerja TA. 2021, sebagai peringkat I adalah Satker Direktorat Lalulintas, kedua Direktorat Polairud dan ketiga Sat Brimob Polda Riau.

Sedangkan untuk kategori satker berprestasi dalam menyusun Pertanggungjawaban Belanja Barang dan Belanja Modal Diatas Rp. 500.000.000,- TA 2021, peringkat I diraih Satker Dit Polairud, kedua Bidang TIK dan ketiga Direktorat Lalulintas Polda Riau.

Kapolda Riau Irjen Moh Iqbal dalam sambutannya mengatakan dirinya mengajak kesepakatan bahwa apapun kegiatan sesuai dengan profesi dan jabatan yang di amanahkan harus selalu melihat pada 2 sisi, yaitu sisi organisasi dan sisi ibadah. Iqbal mengatakan seseorang yang profesional harus memiliki karakter moral dan karakter kinerja yang baik serta memiliki akhlak yang baik pula.

“Karakter dan akhlak harus berdampingan, harus mempunyai nilai bagi organisasi. Kemampuan karakter harus kita miliki dan turunkan ke semua staf “ ujar Iqbal.

“Kita harus mempunyai kopetensi, seperti yang hari ini sudah ditunjukkan oleh Kabid Keu, yaitu 4 K. Pertama _Kritis_, selalu mengikuti perkembangan zaman. Kedua _Kreatif_ yaitu bisa membangun hal hal yang kreatif, ketiga _Komunikatif_, selalu ingin belajar hal hal yang baru dan yang keempat adalah _Kolaboratif_, apapun kegiatan, harus bisa berkolabirasi,” sambungnya.

Iqbal mengajak jajarannya untuk aktif approve organisasi menjadi lebih baik. Menurutnya era demokrasi menuntut jajarannya untuk menjalankan manajemen yang lebih baik.

“Semua ingin masyarakat percaya terhadap Polri, percaya terhadap eksistensi kita. Untuk itu kita terus me-approve organisasi ini lebih baik,” paparnya.

Kapolda menyampaikan rasa bangganya terhadap Satker Bidang Keuangan yang telah menunjukkan dedikasi dan beberapa penghargaan yang berhasil diraihnya.
Bidang Keuangan Polda Riau mendapatkan 8 kategori penghargaan yaitu :
– Selaku Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) terbaik dalam dukungan implementasi sakti (sistem akuntansi instansi).
Selaku KPA terbaik kategori koordinasi satuan kerja vertikal dalam penyelesaian pagu minus dan implementasi sakti di wilayah kerja KPPN Pekanbaru tahun 2021.

Satuan kerja terbaik dalam akselerasi program DJPB kategori dukungan implementasi aplikasi sakti full module.
– Sebagai satuan kerja penanggung jawab UAPPA-W dengan kinerja penyusunan laporan keuangan tingkat unit akuntansi pembantu pengguna anggaran wilayah (UAPPA-W) terbaik (kategori besar) tingkat kanwil DJPB Provinsi Riau tahun 2021.
– Penghargaan atas dukungannya terhadap perbendaharaan negara melalui duta perbendaharaan KPPN Pekanbaru tahun 2020.

– Peringkat 1 atas prestasi dan kinerja dalam pencapaian indikator kinerja pelaksana anggaran TA. 2021.
– Satuan kerja terbaik dalam akselerasi program DJPB kategori dukungan implementasi aplikasi sakti full module.
– Sebagai satuan kerja terbaik dalam dukungan implementasi sakti kategori manajemen dan implementasi terbaik di wilayah kerja KPPN pekanbaru semester II tahun 2021,” urai Iqbal.

“Saya bangga dengan apa yang telah diraih Kabid Keuangan. Prestasi ini tidak datang tersendiri, pastinya kerja sama dan fighting spirit. Pesan saya Polda Riau menjadi traidisi prestasi,” harapnya.

(Samiono)