Apresiasi Camat Legok Kepada Perguruan Ki Lodaya Candu Dalam Mengikuti Festival Silat Sijalu Tahun 2022

169

Kab.Tangerang – Sekbernusantara.Com -Puluhan padepokan pencak silat yang tersebar di Kabupaten Tangerang antusias mengikuti festival pencak silat Sijalu yang digelar panitia di wilayah Cikupa Kabupaten Tangerang pada Sabtu (6/3/22).

Banyak padepokan pencak silat mengikuti festival tersebut. Festival digelar dengan tujuan merawat seni dan peradaban.

Pada kesempatan yang bahagia Ketu Padepokan Ki Lodaya Candu Bang Ronal mengatakan, Kegiatan ini saya harapan anak didik kami bisa belajar mental dalam ajang perlmboaan ini, dan mengasah keterampilan dalam seni silat cimnde agar kedepanya bisa mengembangakan bakat dan menjaga seni kebudayaan leluhur kita yang harus tetap di jaga dan di lestarikan.

Untuk para Ketua padepokan-padepokan yang selama ini tetap merawat tradisi seni kebudayaan Seni Silat Cimande yang tersebar di Kabupaten Tangerang dengan tujuan kita semua agar dapat menjalin silaturahmi pada sebuah keinginan untuk memajukan daerah serta menjaga peradaban dan kedamaian pada lingkungan masyarakat di wilayah Tangerang,” kata Ketua Padepkan Ki Lodaya Candu Bang Ronal.

Pemerintah Kecamatan Legok di mana menerima kunjungan perguruan Ki Lodaya Candu dalam pertemuan di Aula Kecamatan pada malam kamis, 9 Maret 2022 dalam penerimaan nya Camat Legok H.Cucu Abdurrosyied.M.Si menyampaikan, terima kasih atas kunjunganya ini dan kami sangat apresiasi terhadap pelestarian nilai-nilai budaya kesenian pencak silat Cimande, insya allah kami akan kunjungan ke tempat Perguruan Silat Kilodaya Candu, adapun kaitan dengan kebutuhan-kebutuhan kami akan lihat mudah-mudahan kedepan ini menjadi pusat cimande atau pusat Ki Lodaya Cimande ini menjadi pusat kesenian seni budaya silat Cimande.

Sehingga kita lestarikan dan terkait dengan beberapa kebutuhan atau bantuan pemerintah daerah termasuk kecamatan legok nanti akan kita pelajari dulu yang jeulas kami support insya allah kami juga akan bantu yang semampu kami.

Silat Cimande Ki Lodaya ini adalah kebudayan yang berkembang di masyarakat saya pikir kesenian masyarakat ini harus berkembang dan tentunya ini timbul dari masyarakat sendiri dan pemerintah kita tinggal mengarahkan ke hal-hal yang positif dan tentunya binaan di bawah Koni karena Silat salah satu di bawah koordinasi Koni dan nanti juga kegiatan budayanya juga ada di Dispora di Bidang Kebudayaan.

Mudah-mudahan ini bisa di lestarikan menjadi aset yang berharga buat kebudayaan yang ada di wilayah Kecamatan Legok.’pungkas camat legok.

Lanjut Ketua TTKDH Ki Lodaya Candu, antusiasme padepokan silat sangat luar biasa, bahkan, selain banyak padepoakn yang sudah terdaftar, sepanjang kegiatan pentas seni yang di selenggarakan oleh panitia pentas Sijalu.

“Ini menandakan bahwa kegiatan festival Sijalu sangat dinantikan oleh padepokan-padepokan yang ada di Tangerang.

Rata-rata usia pesrta masih muda-muda kisaran usia 12-16 Tahun, adapun nama yang mendapatkan mendali diantaranya;

1. RETNO WIDYAWATI (JUARA 1 TUNGGAL PUTRI SMA)

2. RETNO BELA ARMELIA PUTRI (JUARA 1 TUNGGAL PUTRI SMA)

3. AYU RAHMADANI (JUARA 2 TUNGGAL PUTRI SD)

4. APRI YANTI CHARISA (JUARA 3 TUNGGAL PUTRI SMP)

5. RIZKY ADITYA (JUARA 1 TUNGGAL PUTRA SMP)

6. SABRI AYOGA ROSIDI (JUARA 3 TUNGGAL PUTRA SMP)

7. MOCHAMAD TAUFIK (JUARA 2 TUNGGAL PUTRA SMP).

Dalam kesempatan yang sama Penasehat TTKDH Kilodaya Candu Dona MS menyampaikan, saya juga berharap Perguruan Ki Lodaya Candu ini bisa menjadi pengembangan potensi di wilayah Kecamatan Legok yang akan mengharumkan Kampung Candu dan Pemerintahan Kec.Legok dengan adanya TTKDH Kilodaya Candu ini dan bisa lebih berprestasi ke depannya dengan saling mensupport kepada kegiatan pelatihan silat Cimande Ki Lodaya ini.’ucap dona ms.
[Red]