Pemdes Suligi Lestarikan Ekosistem Sungai Bolobak

56

Rohul – Sekbernusantara.Com – Pemerintah Desa Suligi, Kecamatan Pendalian VI Koto, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Tebarkan bibit Ikan Mas dan ikan Baung sebanyak 6000 ekor, di Sungai Bolobak, Desa Suligi. Hal ini adalah bentuk upaya Pemerintah Desa Suligi melestarikan ekosistim Sungai Bolobak.

Hal itu disampaikan Kepala Desa Suligi,Yoyon Yulistion kepada Wartawan Sekbernusantara.com, Senin (13/6/2022) di Kantornya.

“Sebanyak 6.000 Ekor bibit ikan telah kita ditebar. Diantara nya, 4000 ekor jenis ikan Mas dan ikan Baung 2000 ekor telah ditabur di Sungai Bolobak,”Kata Kades didampingi Sekdesnya.

Kades menjelaskan, Hal itu merupakan bentuk upaya Pemerintah Desa Suligi melestarikan ekosistem alam dan mempertahankan flora dan fauna ke habitatnya semula.

Lebih lanjut Kades menjelaskan, Dana yang digunakan untuk membeli bibit dan segala keperluannya diambil dari Pendapatan Asli Desa (PAD) Desa Suligi,

“Sebesar Rp.7.000.000 rupiah telah digelontorkan untuk menebarkan bibit ikan tersebut, yang berasal dari anggaran Pendapatan Asli Desa Suligi,”Ucapnya.

Ia berharap, dengan ditebarnya bibit ikan di Sungai Bolobak tersebut, kelestarian alam dapat terjaga dan warga dapat menikmati keindahan Sungai dengan memancing ikan.

Ikatakan, Seluruh elemen masyarakat Desa suligi diminta dapat menjaga kelestarian sungai tersebut, karena ekosistim alam saat ini telah banyak yang rusak.

“Apabila ada oknum yang mencoba merusak ekosistem sungai Bolobak seperti Meracuni Sungai, Menyentrum, Membom akan kita pidanakan. Silahkan pergunakan alat pancing seadanya,”Tegas Kades

Pemdes Suligi Lestarikan Ekosistem Sungai Bolobak.

(Samiono)